Web Hosting

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal => Kami informasikan cara menjaga kesehatan ginjal secara alami yaitu dengan menjaga kesehatan tubuh dan mengedepankan pola hidup sehat dalam segala aktivitas. Ginjal merupakan organ yang sangat vital dalam tubuh, tanpa ginjal mungkin tubuh akan dipenuhi oleh soda dan garam. Ginjal merupakan organ yang sangat berperan penting dalam pembentukan urine dan menyerap cairan yang diminum untuk diserap oleh tubuh sebagai bahan dasar pertumbuhan dan cairan dalam tubuh. Ginjal berbeda dengan organ lain, kalau organ lain hanya satu sedangkan ginjal memiliki pasangan yaitu kiri dan kanan. Oleh karena itu ginjal bisa didonorkan. 

Proses Dalam Ginjal

Ada 3 proses dalam ginjal yaitu filtrasi, augmentasi, dan rebsorpsi. Ketiga tahap ini selalu dilakukan ginjal dalam setiap waktunya, hasil dari ketiga proses ini adalah kita memiliki cairan dalam tubuh, sedangkan zat yang tidak dibutuhkan tubuh akan dibuang dala bentuk air urine yang keluarkan melalui uretra. Berikut proses-proses dalam ginjal.
  • Penyaringan (filtrasi)
Filtrasi terjadi pada kapiler glomerulus pada kapsul Bowman. Pada glomerulus terdapat sel-sel endotelium kapiler yang berpori (podosit) sehingga mempermudah proses penyaringan. Beberapa faktor yang mempermudah proses penyaringan adalah tekanan hidrolik dan permeabilitias yang tinggi pada glomerulus. Selain penyaringan, di glomelurus terjadi pula pengikatan kembali sel-sel darah, keping darah, dan sebagian besar protein plasma. Bahan-bahan kecil terlarut dalam plasma, seperti glukosa, asam amino, natrium, kalium, klorida, bikarbonat, garam lain, dan urea melewati saringan dan menjadi bagian dari endapan. Hasil penyaringan di glomerulus berupa filtrat glomerulus (urin primer) yang komposisinya serupa dengan darah tetapi tidak mengandung protein. Pada filtrat glomerulus masih dapat ditemukan asam amino, glukosa, natrium, kalium, dan garamgaram lainnya.
  • Penyerapan kembali (Reabsorbsi)
Volume urin manusia hanya 1% dari filtrat glomerulus. Oleh karena itu, 99% filtrat glomerulus akan direabsorbsi secara aktif pada tubulus kontortus proksimal dan terjadi penambahan zat-zat sisa serta urea pada tubulus kontortus distal. Substansi yang masih berguna seperti glukosa dan asam amino dikembalikan ke darah. Sisa sampah kelebihan garam, dan bahan lain pada filtrat dikeluarkan dalam urin. Tiap hari tabung ginjal mereabsorbsi lebih dari 178 liter air, 1200 g garam, dan 150 g glukosa. Sebagian besar dari zat-zat ini direabsorbsi beberapa kali. Setelah terjadi reabsorbsi maka tubulus akan menghasilkan urin seku Zder yang komposisinya sangat berbeda dengan urin primer. Pada urin sekunder, zat-zat yang masih diperlukan tidak akan ditemukan lagi. Sebaliknya, konsentrasi zat-zat sisa metabolisme yang bersifat racun bertambah, misalnya ureum dari 0,03`, dalam urin primer dapat mencapai 2% dalam urin sekunder. Meresapnya zat pada tubulus ini melalui dua cara. Gula dan asam mino meresap melalui peristiwa difusi, sedangkan air melalui peristiwa osmosis. Reabsorbsi air terjadi pada tubulus proksimal dan tubulus distal.
  • Augmentasi
Augmentasi adalah proses penambahan zat sisa dan urea yang mulai terjadi di tubulus kontortus distal. Komposisi urin yang dikeluarkan lewat ureter adalah 96% air, 1,5% garam, 2,5% urea, dan sisa substansi lain, misalnya pigmen empedu yang berfungsi memberi warm dan bau pada urin.

Beberapa Penyakit Pada Ginjal

  • Batu ginjal
Mungkin kata batu ginjal sudah sangat familiar di telinga kita. Batu ginjal di sebabkan karena terkumpulnya mineral dan benda-benda organik pada organ ginjal tersebut. Batu ginjal yang berukuran kecil dapat keluar dari badan dengan sendirinya. Namun batu ginjal yang berukuran lebih besar dapat di atasi dengan cara pembedahan. Beberapa hal dapat memperparah batu ginjal tersebut seperti berkurangnya volume cairan dan bertumpuknya mineral. Sehingga membuat terganggunya keseimbangan yang sempurna antara cairan dan larutan yang ada dalam organ ginjal tersebut.
  • Gagal ginjal
Anda mungkin juga sangat tidak asing lagi dengan gangguan pada organ ginjal tersebut. Gagal ginjal akan mengakibatkan hilangnya sebagian dan bahkan keseluruhan fungsi organ ginjal pada tubuh kita.Gagal ginjal tersebut terjadi karena rusaknya tubulus di dalam organ ginjal karena obat-obatan atau larutan organik seperti karbon tetraklorida, aseton serta etilen glikol, dan bersingungan dengan senyawa logam seperti merkuri, timah serta uranium. Gagal ginjal ini juga disebabkan karena penyaket diaabetes yang dapat merusak medula atau bagian dalam ginjal serta karena kelebihan garam kalsium yang berada pada organ ginjal tersebut.
  • Pyelonephrits
Merupakan infeksi dan peradangan jaringan pada organ ginjal dan renal pelvis ( yaitu ruang yang terbentuk dari perluasan ujung atas dari ureter tubulus yang mana menyalurkan urin ke kandung kemih). Pyelonephritis ini biasanya disebabkan karena bakteri dan merupakan salah satu kelainan pada organ ginjal yang paling sering terjadi dan juga merupakan salah satu kelainana ginjal yang dapat menjadi kronis serta akut.
  • Glomerulonephritis
Merupakan salah satu penyakit pada organ ginjal yang sering terjadi pula. Penyakit tersebut di akibatkan karena sistem imun tubuh yang kita miliki lumpuh. Gejala penyakit pada ginjal tersebut yaitu adanya darah dalam urine kita, pembengkakan pada jaringan tubuh serta adanya kandungan protein dalam urine yang mana di sebabkan karena bakteri streptococcal. Pada banyak kasus, penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya meskipun tanpa pengobatan.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Secara Alami Yaitu Dengan Menjaga Kesehatan Tubuh dan Mengedepankan Pola Hidup Sehat dalam Segala Aktivitas

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal => Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal, diantaranya adala sebagai berikut :
  • Perbanyak minum air putih setiap hari. Air putih merupakan sumber mineral yang sangat dibutuhkan ginjal untuk membentu proses penyerapan dan pembuangan semua zat beracun dalam tubuh
  • Hilangkan kebiasaan menahan saat ingin buang air kecil, menahan-nahan buang air kecil dapat menyebabkan genangan dan menyebabkan pindahnya batu ginjal sehingga mengalir ke saluran kencing
  • Kurangi kebiasaan minum minuman yang mengandung soda, coba kita bayangkan seberapa kali lipat kerja ginjal jika kita terlalu banyak meminum soda, apalagi kalau tanpa diimbangi dengan minum air putih ginjal bisa rusak karena soda
  • Kurangi minuman yang mengandung zat pewarna atau pemanis buatan
  • Hindari kebiasaan meminum air mentah
  • Dan yang paling berbaya bagi ginjal adalah minuman yang terlalu banyak mengadnung glaukosa. Glaukosa punya kemampuan untuk mengkristal dalam ginjal sehingga menyebkan banyaknya krikil tajam dalam ginjal dan melukai ginjal. Lama kemudian bisa menyebabkan kencing nanah dan kencing manis.
Demikian informasi cara menjaga kesehatan ginjal secara alami yaitu dengan menjaga kesehatan tubuh dan mengedepankan pola hidup sehat dalam segala aktivitas. Semoga dapat membantu anda dalam upaya menjaga kesehatan dan semoga artikel Cara Menjaga Kesehatan Ginjal dapat menjadi solusi bagi anda penderita penyakit ginjal. Tapi bagi anda yang menderita penyakit ginjal ,kami menyediakan obat penyakit ginjal yang aman efektif, sudah banyak mengahantarkan konsumen menuju kesembuhan Silahkan simak di Cara Pemesanan Jelly Gamat . Selanjutnya silahkan simak Cara Menjaga Kesehatan Tulang.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terbaru

Kunjungan Hari Ini

pagerank

sirmanggisak.blogspot.com Alexa/PageRank